Loading...
Buku

Buku Perkembangan Transisi Ekonomi China Abad 21

Dalam teori ekonomi sendiri kita mengenal istilah The Asian Miracle yang menandakan progres pertumbuhan ekonomi Asia yang begitu cepat. Sebelumnya, di pertengahan abad 20, negara-negara di Asia menghadapi situasi yang benar-benar kacau dimana peperangan, kemiskinan, kelaparan melanda negara-negara di kawasan tersebut. China adalah salah satu negara yang tidak beruntung pada waktu itu karena mengalami peperangan, revolusi, dan kelaparan sekaligus. Pada tahun 1960, penghasilan satu orang Jepang sama dengan 1/8 pendapatan satu orang Amerika, Korea Selatan tidak lebih kaya daripada Sudan, Taiwan sama miskinnya seperti Zaire. Keberadaan situasi ini menjadikan negara negara asia sangat rentan terhadap serangan baik dalam maupun luar negeri.  Namun pada empat dekade terakhir, ekonomi Asia mulai bertransformasi. Kawasan Asia kini ialah kawasan dengan pertumbuhan ekonomi paling cepat dibandingkan seluruh kawasan di dunia. Bahkan sekalipun dihantam oleh krisis finansial dan resesi pada akhir 90an, Asia dengan cepat bangkit dan kini merupakan motor penggerak pertumbuhan ekonomi dunia.

Fenomena tersebut dikenal dengan sebutan “The Asian Miracle” ini tidak terlepas dari peran China sebagai ekonomi terbesar di Asia dan kedua di dunia setelah Amerika. China memperluas pengaruh dengan memanfaatkan kekuatan ekonominya melalui kerjasama perdagangan, bantuan infrastruktur, investasi, dan strategi ekonomi. Seiring dengan kekuatan ekonomi yang terus berkembang, China kini juga ingin memainkan peran yang lebih dominan dalam Hubungan Internasional. Sebagai emerging power, China mulai membuat inisiatif-inisiatif tatanan baru dimana China tidak hanya ada didalamnya, tetapi juga terlibat didalam proses pembuatan aturan-aturan sistem global yang selama abad modern ini hampir tidak pernah mengikutsertakan China.


Pertumbuhan China tersebut sangat mengejutkan berbagai kalangan dari belahan dunia. Bahkan Koefisiensinya sebagai sebuah negara diperhitungkan tidak hanya dalam penguasaan lembaga keamanan (army), penduduk (society) dan ekonomi (economic). Rakyat dan Negara China sudah diperhitungkan sebagai negara maju dan mampu mempengarungi dunia secara umum. Bahkan saat ini talipan talipan kongsi dagang china sudah merambah pada zona eropa dan amerika.

Untuk memahami perkembangan china pada abad saat ini, download saja buku di bawah ini terkait Perkembangan China pada abad 21 :

Tinggalkan Balasan