Loading...
Buku

Reguluasi Pemerintah dalam berbagai Perspektif

Pemaknaan mengenai regulasi adalah sebuah cara yang digunakan untuk mengarahkan, mengatur dan mengendalikan orang banyak sebagai contohnya adalah masyarakat. Secara awam kebanyakan orang menyebutnya sebagai aturan, kebijakan, peraturan sampai pada tingkat undang undang. Regulasi yang memiliki arti demikian bila dimaknai dengan pemerintahan selayaknya negara demokrasi terpusat mengarah pada bidang legislatif dan kebijakan (eksekutif). Sedangkan pemerintah senidiri lebih condong pemanfaatan regulasi ini bukan mengatur dirinyadalam menjalankan kekuasaan, melainkan seatas pengaturan dalam zona nyaman.

Sama seperti dalam berbagai kasus di belagan dunia manapun, regulasi pemerintah memiliki kekuatan public yang cukup kuat dan bisa mengeyampingkan kebuthan hak asasi manusia bahkan berbatasan dengan kekhasaaan adat. Sebagai contohnya adalah negara arab Saudi yang saat ini mulai meregulasi dan mengakomodir kaum wanita dalam berkendara atau membuka cadarnya. Padahal koefisien wanita wanita disana sudah sejak dahulu memiliki kekhasanahan memegang syariat islam yang kuat. Sayangnya adalah regulasi ini ditanggapi sebagai keputusan politik kekuasaan yang ingin merubah wajah peradaban negara tersebut agar lebih baik. Alhasil justru banyak kecaman dan ketidak setujuan di berbagai kalangan dalam diri bangsa tersebut atau dari luar walapun banyak wanita wanita arab menyukai regulasi tersebut.. ibatanya adalah selayaknya buah simalakama yang memiliki 2 sisi yang berbeda


Begitu juga dengan pemerintah regulasi di negara negar demokrasi, pengertian regulasi sendiri masih diartikan sebagai peneguhan kekuasaan yang lebih dipaksakan untuk menekan, mengubah bahkan enggiring masaa untuk kepentingan public. Lantas bagaimana pentingnya regulasi pemeritahan tersebut? Sejatinya perlukah atau hanya sekedar kepeningan yang sering disalah gunakan bahkan dijadikan kendaraan politik.

 

Lebih lengkapnya silahkan download buku dibawah ini :

Tinggalkan Balasan