Loading...
Beasiswa Luar NegeriInfo Beasiswa

Beasiswa S1 KAIST Korea Selatan 2019

KAIST logo

Sebelumnya dikenal sebagai Institut Sains dan Teknologi Korea Lanjut, KAIST adalah institusi sains dan teknik berorientasi penelitian pertama Korea Selatan ketika didirikan pada tahun 1971.

Untuk universitas muda seperti itu, kedudukan KAIST berkembang pesat: secara luas diakui sebagai universitas terbaik di Korea dan telah dinobatkan sebagai universitas paling inovatif di kawasan Asia-Pasifik.
Salah satu proyek penelitiannya yang menonjol dalam beberapa tahun terakhir adalah para peneliti mengembangkan sistem transportasi listrik, di mana kendaraan mendapatkan daya dari kabel di bawah jalan melalui pengisian magnetik non-kontak. Ini adalah contoh bagaimana KAIST memimpin bidang dalam mengembangkan teknologi baru yang mungkin mengatasi masalah dunia seperti konsumsi energi dan kemacetan di kota-kota.


Sekitar 10.000 siswa penuh waktu menghadiri KAIST, terbagi antara 4.000 sarjana dan 6.000 pascasarjana. Ilmu pengetahuan, teknik dan teknologi adalah fokus utama sekolah, meskipun universitas telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir dan sekarang terakreditasi internasional dalam pendidikan bisnis juga. Ini juga mengadopsi program gelar ganda dengan universitas-universitas dunia terkemuka seperti Carnegie Mellon di Amerika Serikat dan Universitas Teknik Berlin, dan ini menawarkan para siswa kesempatan pendidikan yang beragam.

Kampus utama universitas adalah di Daedeok Science Town di kota Daejeon, 150 kilometer selatan ibukota Korea Selatan, Seoul. Ada juga kampus lain di Seoul sendiri, yang merupakan rumah bagi sekolah bisnis serta sekolah pascasarjana bidang keuangan, manajemen dan informasi dan manajemen media.
Sebagian besar kuliah dan kegiatan penelitian berlangsung di kampus utama Daejeon, yang juga merupakan tempat tinggal kebanyakan siswa. Ada total 29 asrama di pinggiran kampus Daedeok, yang dipisahkan secara ketat berdasarkan garis gender. Ada juga apartemen untuk siswa yang sudah menikah di luar kampus. Kegiatan ekstrakurikuler di kampus mungkin tidak menjadi prioritas di KAIST, meskipun ada klub dan perkumpulan untuk mahasiswa, dan universitas mengadakan acara seni reguler termasuk opera, drama, konser pop, tarian dan resital klasik.

KAIST sendiri menduduki peringkat 100 besar dalam rank universitas di dunia versi QS Top Universities, atau tepatnya yaitu peringkat ke-40.

Pembiayaan

Berikut ini cakupan pembiayaan yang diberikan dari beasiswa ini

  • Biaya kuliah penuh: pembebasan biaya kuliah selama 8 semester
  • Biaya hidup: 350.000 KRW per bulan atau sekitar 4.5 jt perbulannya
  • Asuransi Kesehatan Nasional

Beasiswa ini tidak mencakup biaya sewa tempat tinggal disana, biaya makan dan biaya perjalanan untuk kesana. Kamu dapat mencari biaya ini sendiri nantinya atau mencoba meminta bantuan kepada pemerintah setempat ketika mendapatkan beasiswa ini.

Persyaratan

Berikut ini persyatan yang harus kamu penuhi untuk mendapatkan beasiswa ini. Silakan diperhatikan setiap pointnya ya

  1. Merupakan pelamar internasional (termasuk dari Indonesia) dan tidak memiliki kewarganegaraan ganda dengan Korea Selatan.
  2. Orangtua pelamar bukan merupakan warganegara Korea Selatan.
  3. Sebelumnya tidak pernah bersekolah (SD/SMP/SMA) di Korea Selatan.
  4. Telah lulus SMA/SMK/Sederajat(MA termasuk) ATAU akan lulus di tahun 2019.
  5. Memenuhi persyaratan bahasa Inggris dengan skor yang direkomendasikan untuk TOEFL iBT min. 83 / TOEFL PBT min. 560 (lama) atau min. 63 (baru) / TOEFL CBT min. 220 / IELTS min. 6,5 / TOEIC Listening & Reading min. 720.
Untuk tetap mendapatkan Beasiswa ini, kamu diharuskan mempertahankan nilai IPK diangkat 2.7 (skala 4.3) setelah tahun pertama

Pendaftaran

Berikut ini prosedur lengkap untuk kamu yang berminat untuk mendaftar pada beasiswa ini

Dokumen yang dibutuhkan (Softcopy)

Lengkapi berkas-berkas dokumen berikut dalam bentuk softcopy atau hasil scan

  1. Formulir pendaftaran.
  2. 1 (Satu) Surat Rekomendasi yang diisi oleh guru wali kelas/pembimbing akademik/guru Matematika/Sains.
  3. Profil SMA/SMK/Sederajat yang diterbitkan oleh sekolah asal atau dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Profil yang disubmit bisa berupa website resmi sekolah atau informasi relevan yang bisa membuat pihak panitia lebih mengenal sekolah asal peserta.
  4. Scan Transkrip Nilai/Rapor SMA/SMK/Sederajat.
  5. Hasil tes bahasa Inggris dengan skor yang direkomendasikan yaitu: TOEFL iBT min. 83 / TOEFL PBT min. 560 (lama) atau min. 63 (baru) / TOEFL CBT min. 220 / IELTS min. 6,5 / TOEIC Listening & Reading min. 720. Hasil tes Bahasa Inggris harus diambil dalam waktu dua tahun terakhir.
  6. Hasil nilai Ujian Nasional beserta penjelasan sistem penilaian.
  7. Salinan KTP (Kartu Tanda Penduduk).
  8. Statement of Financial Resources – KAIST Scholarship (asli)
  9. Sertifikat penghargaan atau prestasi (tidak wajib)

Catatan:
1. Seluruh dokumen di atas wajib di-scan (softcopy) dalam ukuran A4 terlebih dahulu.
2. Pastikan untuk dokumen yang dikeluarkan oleh sekolah (transkrip nilai, hasil nilai UAN, profil sekolah) dilegalisir terlebih dahulu oleh pihak sekolah asal.
3. Dokumen yang masih menggunakan bahasa Indonesia dapat diterjemahkan dalam bahasa Inggris dengan menggunakan jasa penerjemah tersumpah

Cara mendaftar

Sebelum melakukan pendaftaran pada beasiswa KAIST ini, admin ingin memberikan info bahwa beasiswa ini 1 paket yaitu tidak terpisah antara pendaftaran untuk mahasiswa dan pendaftaran beasiswanya sendiri. Untuk mempermudah pendaftaran, pastikan kamu sudah membaca Panduan Pendaftaran pada link berikut: Admission Guide. Silakan lakukan pendaftaran sedara online untuk mahasiswa internasional di KAIST pada website berikut: https://apply.kaist.ac.kr/InterApply.

Pelamar akan dikenakan biaya pendaftaran mahasiswa sebesar 80,000 KRW yang dapat dibayarkan melalui transfer bank atau kartu kredit. Selanjutnya upload hasil scan berkas dokumen yang disebutkan di atas pada formulir pendaftaran online. Untuk bisa dipertimbangkan menjadi penerima beasiswa, pelamar harus mencentang tulisan “KAIST scholarship” pada bagian Statement of Financial Resources. Apabila kesulitan melakukan pendaftaran via online, pelamar juga dapat mengirimkan berkas pendaftaran via pos ke alamat berikut:

Undergraduate Admissions Team, Office of Admissions, KAIST
#102, Yang Boon Soon Bld. (E16-1)
291 Daehak-ro, Yuseong-gu, Daejeon 34141, Republic of Korea
Tel: (+82-42) 350-4803

Setelah melakukan pendaftaran, pelamar dapat mengecek status pendaftaran pada website: apply.kaist.ac.kr. Tujuannya untuk memastikan apakah berkas dokumen yang disubmit/dikirimkan sudah lengkap atau belum. Dan jika belum lengkap, bisa segera disubmit/dikirimkan sebelum batas waktu pendaftaran.

Tinggalkan Balasan