Loading...
Opini

Harapan Ibukota (Baru) Indonesia

Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan Timur menjadi masalah yang hangat diperpincangkan saat ini. Perpindahan Ibu Kota sebenarnya sudah dirintis oleh Presiden Soekarno sejak tahun 1950-an,  namun hal tersebut baru dapat diteruskan sekarang. Dan Jokowi sebagai Presiden Indonesia ingin sekali mewujudkan cita-cita bangsa yang telah lama tidak terwujud. Hal tersebut menjadi harapan baru bagi bangsa kita agar dapat berkembang dan meningkatkan derajat bangsa.

Seperti yang kita tahu, Jakarta yang kita kenal sekarang sudah menjadi sebuah kota yang padat akan tumpukan masalah seperti kepadatan penduduk, kemacetan, banjir, kesenjangan sosial (kemiskinan), dan masih banyak lagi. Jika dilihat dari hal tersebut pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan Timur dapat menjadi jalan yang terbaik, karena dengan hal tersebut pemerataan ekomoni akan terrealisasikan dan pembangunan tidak hanya berpusat pada daerah jawa saja sehingga dapat meningkatkan kesempatan kerja untuk warga yang berada  di luar pulau jawa. Namun dibalik hal positif yang didapatkan, ada juga dampak negatif yang dapat dirasakan nantinya jika tidak ditanggulangi dengan baik.


Kalimantan merupakan salah satu pulau penghasil oksigen terbesar, dengan adanya pemindahan Ibu Kota membuat resiko kehilangan pemasok oksigen mungkin saja terjadi. Hal tersebut dapat terjadi karena pembukaan lahan yang dilakukan untuk pembangunan. Oleh sebab itu saya berharap pemerintah dapat memikirkan cara untuk melakukan pembangunan tanpa harus merusak lingkungan yang telah dijaga dengan baik.

Pembangunan Ibu Kota baru juga pasti akan menghabiskan dana yang tidak sedikit, dana yang diperlukan yaitu sekitar Rp466 triliun atau 33 miliar dollar AS. Dengan begitu tidak menutup kemungkinan bagi Negara kita untuk meminjam anggaran pada Negara lain dan menggunakannya sebagai dana pembangunan. Dana sebesar itu jika digunakan untuk memberantas kesenjangan sosial dengan cara membantu fakir miskin akan sangat berdampak pada kemajuan Indonesia, namun dengan adanya pemindahan Ibu Kota dapat membuat kemungkinan Negara kita memiliki hutang yang berlebih pada Negara lain dan membuat rakyat menjadi tidak sejahtera. Namun karena melihat kondisi Jakarta yang sudah sepatutnya digantikan, pemerintah dapat mencari jalan lain seperti mengubah tempat yang tidak terlalu jauh dari pulau jawa atau tetap melakukan pemindahan Ibu Kota namun membuat plan lain seperti mencari tempat pembangunan yang baik tetapi tidak terlalu besar wilayah dan kapasitasnya agar biaya pembangunannya pun tidak besar.

Dengan begitu saya berharap rencana yang telah dirancang ini dapat berjalan dengan baik dan sukses. Jika berjalan dengan sukses maka akan membawa Indonesia satu langkah  menjadi Negara yang maju. Dan saya berharap semoga semua pihak yang bersangkutan dengan rencana pemindahan Ibu Kota ini dapat bekerja sama dan berkontribusi dengan baik sesama pihak untuk hasil yang memuaskan. Pemerintah harus tetap bekerja sama memikirkan solusi-solusi untuk dapat mengatasi masalah yang kemungkinkan terjadi nantinya. Serta tidak lupa untuk memberikan kesempatan menampung aspirasi dari masyarakat, karena sebuah pemerintahan dalam Negara tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya kerjasama dengan masyarakat yang tinggal di dalamnya.

Penulis

Lisa Novita Sari Siswi SMP YPK Bontang

Tinggalkan Balasan