Loading...
Opini

Pentingnya Menghadapi Pemilu 2019 anti Hoax

Pemilihan presiden atau lebih dikenal dengan sebutan PILPRES adalah merupakan suatu sarana untuk menyalurkan aspirasi rakyat dalam memilih pemimpin negara yang akan menentukan nasib suatu negara selama 5 tahun kedepan apakah lebih baik atau semakin terpuruk sehingga didalam pemilihan presiden tidak boleh disepelekan. Di indonesia pemilihan presiden atau pilpres akan dilaksanakan sebentar lagi. Sebagai seorang warga negara yang sudah cukup umur (17 tahun) memiliki hak untuk mengeluarkan pendapat baik orang tua, pemuda, perempuan atau pun laki – laki semua memiliki hak untuk berpendapat misalnya yaitu dalam pemilu.

Dalam pemilihan presiden seorang siswa sebagai pemilih pemula tentu partisipasinya sangat- sangat dibutuhkan.  Akan tetapi sebagai pemilih pemula seorang siswa membutuhkan banyak informasi dan bimbingan mengenai pemilihan umum khususnya pemilihan presiden yang akan dilaksanakan sebentar lagi agar tidak terjadi kecurangan dan kekeliruan dalam pelaksanaan pemilihan. Informasi – informasi mengenahi pemilihan presiden akan sangat mudah kita jumpai baik di internet, media sosial, atau pun media cetak.


Akan tetapi sebagai  seorang pemilih pemula siswa harus selektif dan sangat berhati – hati dalam menerima informasi yang tersebar dimasyarakat maupun media sosial. Siswa harus menyaring setiap informasi yang diterima dan mencari tahu kebenaran akan informasi tersebut.  Jangan sampai informasi yang kita terima adalah informasi yang tidak benar adanya atau sering disebut hoax. Kita harus berhati-hati dalam menyebarkan informasi karena jika informasi yang kita bagikan tidak benar adanya maka akan merugikan banyak sekali orang. Selain harus selektif dalam menerima informasi yang tersebar diberbagai media dan masyarakat siswa sebagai pemilih pemula juga tidak boleh mudah terprovokasi  dan tersulut emosinya di dalam sebuah politik.

Sebagai generasi muda penerus bangsa kita harus lebih maju dan paham akan dibawa kemana nasib bangsa ini. Dalam pemilihan presiden harus dilaksanakan secara jujur dan adil. Setiap warga negara yang sudah cukup umur mempunyai hak untuk memilih calon yang telah ditentukan. Oleh karena hak yang telah didapatkan tersebut seharusnya di manfaatkan dan dilaksanakan dengan baik. Jangan sampai kita menyia-nyiakan hak yang telah kita dapatkan. Jangan sampai kita golput dalam pemilihan presiden. Selain sebagai pemilih pemula kita harus teliti dalam memilih calon yang telah dicalonkan. Kita harus memahami visi dan misi yang akan dilaksanakan oleh masing – masing calon apabila terpilih sebagai presiden. Kita tidak boleh langsung menerima mentah-mentah atas penilainya orang terhadap suatu calon serta tidak mudah terprovokasi.

Dari sini dapat ditarik kesimpulan bahwa kita sebagai pemilih pemula kita harus memilih calon sesuai pilihan kita tentu dengan visi misi yang tepat untuk membangun bangsa indonesia.  Kita juga harus menghindari  politik uang  karena disinilah nasib negara indonesia dipertaruhkan. Selain itu sebagai generasi muda kita harus lebih selektif dalam menerima setiap informasi mengenai calon calon presiden dan wakil presiden. Jangan sampai kita ikut menyebarkan informasi yang tidak jelas kebenarannya (hoax) sehingga merugikan banyak orang. Kita juga harus menerima dengan lapang dada dan tetap patuh terhadap pemimpin siapapun calon yang terpilih sebagai presiden dan wakil presiden.

Ditulis oleh Evita

Tinggalkan Balasan