Loading...
Pembelajaran

Contoh Format Penilaian Keterampilan K13

Implementasi Kurikulum 2013, untuk semua tingkat satuan pendidikan berimplikasi

pada proses penilaian pencapaian kompetensi peserta didik. Penilaian pencapaian


kompetensi oleh pendidik dilakukan untuk memantau proses, kemajuan, perkembangan

pencapaian kompetensi peserta didik sesuai dengan potensi yang dimiliki dan kemampuan

yang diharapkan secara berkesinambungan. Penilaian juga dapat memberikan umpan balik

kepada pendidik agar dapat menyempurnakan perencanaan dan proses pembelajaran

(Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 66 Tahun 2013 tentang Standar

Penilaian Pendidikan).

Data yang diperoleh pendidik selama pembelajaran berlangsung dijaring dan

dikumpulkan melalui prosedur dan alat penilaian yang sesuai dengan kompetensi atau

indikator yang akan dinilai. Melalui proses tersebut, diperoleh potret/profil kemampuan

peserta didik dalam mencapai sejumlah kompetensi inti dan kompetensi dasar yang

dirumuskan dalam kurikulum masing-masing satuan pendidikan.

Penilaian oleh pendidik merupakan suatu proses yang dilakukan melalui langkahlangkah

perencanaan, penyusunan alat penilaian, pengumpulan informasi melalui sejumlah

bukti yang menunjukkan pencapaian kompetensi peserta didik, pengolahan, dan

pemanfaatan informasi tentang pencapaian kompetensi peserta didik. Penilaian tersebut

dilakukan melalui berbagai teknik/cara, seperti penilaian unjuk kerja (performance),

penilaian sikap, penilaian tertulis (paper and pencil test), penilaian projek, penilaian produk,

penilaian melalui kumpulan hasil kerja/karya peserta didik (portofolio), dan penilaian diri.

 

Penilaian pencapaian kompetensi keterampilan merupakan penilaian yang dilakukan

terhadap peserta didik untuk menilai sejauh mana pencapaian SKL, KI, dan KD khusus dalam

dimensi keterampilan. Cakupan penilaian dimensi keterampilan meliputi keterampilan

dalam ranah konkret mencakup aktivitas menggunakan, mengurai, merangkai,

memodifikasi, dan membuat. Sedangkan dalam ranah abstrak, keterampilan ini mencakup

aktivitas menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang.

Pada setiap akhir tahun pelajaran, sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan

Kebudayaan Nomor 68 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum

kompetensi inti keterampilan (KI-4), yang menjadi tagihan di masing-masing kelas adalah

sesuai dengan satuan pendidikan. Rumusan kompetensi dasar dikembangkan dengan

memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata

pelajaran. Ranah keterampilan diperoleh melalui aktivitas mengamati, menanya, mencoba,

menalar, menyaji, dan mencipta.

Format Penilaian Keterampilan K13 Bisa di Download disini:

Tinggalkan Balasan