Loading...
Pembelajaran

Contoh Rubrik Penilaian Pengetahuan K13

P

Pembelajaran kurikulum 13 memberikan beberapa tugas tambahan kepada guru dalam hal penilian. Kesulitan dalam membuat penilaian pembelajaran sebagai cara untuk mengetahu hasil belajar siswa dapat memberikan pemikiran yang lebih jika tidak memiliki pengetahuan lebih dalam bidang tersebut. Apalagi dalam penilaian kognitif yang menyibukkan diri pada pembuata rubrik untuk menjadi acuan dalam memberikan skor tersebut, beberapa cara yang bisa dilakukan agar memudahkan penilaian pembelajaran k13 adalah sebagai berikut :


  1. Pemecahan KD dalam Rubrik

Dalam hal pembuatan indikator pembelajaran sebagai Penjabaran dari Kompetensi dasar perlu diperhatikan. Jika pembuatan indikator seraya asal dan tidak memperhatikan KKO akan membuat kesulitan saat membuat penilaian pembelajaran. Jadi jangan sampai lalai dalam membuat indikator pembelajaran apalagi dalam kurikulum K13

  1. Skema teknik penilaian

Membuat skema teknik penilaian harus dilakukan sebagai seorang guru. Ada beberapa teknik penilaian yang bisa memudahkan seorang guru dalam menilai peserta didiknya. Diantaranya adalah teknik lisan yang tidak begitu berkutat pada rubrik dan mengarahkan oeserta didik untuk menjawab dengan kemampuan dasarnya dalam pembelajran yang dapat dinilai secara objektif.

  1. Instrumen penilaian

Ini yang menentukan seorang tenaga pendidik untuk membutuhkan rubrik penilaian yang rigid atau sederhana. Jika menggunakan instrumen pilihan ganda, tentu rubrik yangd ibuat tidak begitu rumit hanya saja memperhatikan beberapa poin diantaranya adalah KKO, jenis soal dan tipe soal C1, c2, c3 atau c4. Berbeda dengan soal uraian yang harus memberikan batasan terhadap beberapa indikator pembelajaran. Selain itu beberapa tipe pilihan ganda yang belum pernah dicobakan kepada peserta didik

Nah, untuk itu ada beberapa point dan contoh diatas bisa dilihat dengan contoh yang dilampirkan di halaman bawah. Secara kesempurnaan, rubrik penilaian pembelajaran k13 yang ada disini merupakan teknik terbaru dalam membuat instrumen penilaian khususnya dalam membuat rubrik pilihan ganda. Jadi akan sangat membantu jika tenaga penidik mampu memahami dan menerapkanya di dalam rencana pembelajaran. Terlebih lagi, instrumen ini memiliki beberapa tipe pilihan ganda yang mengarah pada USBN. Semoga bermanfaat dan salam berkarya terima kasih.

Kesulitan dalam membuat penilaian pembelajaran sebagai cara untuk mengetahu hasil belajar siswa dapat memberikan pemikiran yang lebih jika tidak memiliki pengetahuan lebih dalam bidang tersebut. Apalagi dalam penilaian kognitif yang menyibukkan diri pada pembuata rubrik untuk menjadi acuan dalam memberikan skor tersebut, beberapa cara yang bisa dilakukan agar memudahkan penilaian pembelajaran k13 adalah sebagai berikut :

  1. Pemecahan KD dalam Rubrik

Dalam hal pembuatan indikator pembelajaran sebagai Penjabaran dari Kompetensi dasar perlu diperhatikan. Jika pembuatan indikator seraya asal dan tidak memperhatikan KKO akan membuat kesulitan saat membuat penilaian pembelajaran. Jadi jangan sampai lalai dalam membuat indikator pembelajaran apalagi dalam kurikulum K13

  1. Skema teknik penilaian

Membuat skema teknik penilaian harus dilakukan sebagai seorang guru. Ada beberapa teknik penilaian yang bisa memudahkan seorang guru dalam menilai peserta didiknya. Diantaranya adalah teknik lisan yang tidak begitu berkutat pada rubrik dan mengarahkan oeserta didik untuk menjawab dengan kemampuan dasarnya dalam pembelajran yang dapat dinilai secara objektif.

  1. Instrumen penilaian

Ini yang menentukan seorang tenaga pendidik untuk membutuhkan rubrik penilaian yang rigid atau sederhana. Jika menggunakan instrumen pilihan ganda, tentu rubrik yangd ibuat tidak begitu rumit hanya saja memperhatikan beberapa poin diantaranya adalah KKO, jenis soal dan tipe soal C1, c2, c3 atau c4. Berbeda dengan soal uraian yang harus memberikan batasan terhadap beberapa indikator pembelajaran. Selain itu beberapa tipe pilihan ganda yang belum pernah dicobakan kepada peserta didik

Nah, untuk itu ada beberapa point dan contoh diatas bisa dilihat dengan contoh yang dilampirkan di halaman bawah. Secara kesempurnaan, rubrik penilaian pembelajaran k13 yang ada disini merupakan teknik terbaru dalam membuat instrumen penilaian khususnya dalam membuat rubrik pilihan ganda. Jadi akan sangat membantu jika tenaga penidik mampu memahami dan menerapkanya di dalam rencana pembelajaran. Terlebih lagi, instrumen ini memiliki beberapa tipe pilihan ganda yang mengarah pada USBN. Semoga bermanfaat dan salam berkarya terima kasih.

File download disini :

Tinggalkan Balasan