Loading...
Materi PembelajaranPembelajaran

Kedudukan, fungsi dan Sifat UUD 1945

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada hakekatnya adalah pencetusan segala perasaan-perasaan yang sedalam dalamnya yang terbenam dalam kalbu rakyat Indonesia. Proklamasi Kemerdekaan beserta anak kandungnya yang berupa Pembukaan UUD 1945 telah melukiskan pandangan hidup, tujuan hidup, falsafah hidup, dan rahasia hidup kita sebagai bangsa.

Apabila Proklamasi itu merupakan suatu Proclamation of Independence, maka Pembukaan UUD 1945 adalah merupakan Declaration of Independenece Negara Republik Indonesia. (Kansil, 1986). Sulandra (1985) berpendapat bahwa isi pengertian yang terdapat dalam proklamasi pada pokoknya memuat dua hal, yaitu : 1. Pernyataan kemerdekaan bangsa Indonesia. 2. Tindakan-tindakan yang segera harus diselenggarakan berhubung dengan kemerdekaan itu. (Darji Darmodiharjo, 1985).


Berpegang kepada isi pengertian dan dengan memperhatikan keseluruhan isi pengertian yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 khususnya alinea ketiga yang juga pada pokoknya memuat pernyataan kemerdekaan dan alinea keempat memuat tindakan-tindakan yang harus dilaksanakan setelah adanya negara, maka dapatlah ditentukan letak dan sifat hubungan antara Proklamasi dan Pembukaan UUD 1945, yaitu:

  1. Disebutkan kembali pernyataan kemerdekaan dalam alinea ketiga Pembukaan UUD 1945 menunjukkan bahwa antara Proklamasi dan Pembukaan UUD 1945 merupakan suatu rangkaian yang tidak dapat dipisah-pisahkan.
  2. Ditetapkannya Pembukaan UUD 1945 pada tanggal 18 Agustus 1945 bersama-sama ditetapkannya UUD, Presiden, dan Wakil Presiden merupakan realisasi bagian kedua Proklamasi.
  3. Pembukaan UUD 1945 hakekatnya merupakan pernyataan kemerdekaan yang lebih terperinci dengan memuat pokok-pokok pikiran adanya cita-cita luhur yang menjadi semangat pendorong ditegakkannya kemerdekaan, dalam bentuk negara Indonesia merdeka, berdaulat, bersatu., adil, dan makmur dengan berdasarkan asas kerohanian Pancasila

materi bisa didownload disini :

One comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: