Loading...
Pembelajaran

Keterkaitan Isi dan Pokok Pikiran Pembukaan UUD 1945

Keterkaitan pada alenia pertama

Pada alinea pertama Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 mengandung makna tentang peri-kemanusiaan dan peri-keadilan, serta menyiratkan prinsip universal bahwa setiap bangsa memiliki harkat dan martabat yang sama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa. Dengan kata lain, pada alinea pertama Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 memuat beberapa pokok pikiran antara lain pokok pikiran kedua dan keempat. Atau dapat dikatakan, pokok pikiran kedua dan keempat dituangkan ke dalam alinea pertama Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Keterkaitan pada alenia kedua

Pada alinea kedua Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 mengandung makna tentang perjuangan pergerakan bangsa yang menjunjung tinggi persatuan guna mencapai cita-cita nasional yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Dengan kata lain, pada alinea kedua Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 memuat pokok pikiran pertama, kedua, dan ketiga. Atau dapat dikatakan, bahwa pokok pikiran pertama, kedua, dan ketiga dituangkan dalam alinea kedua Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.


baca :

Hakikat Pokok Pikiran Pembukaan UUD 1945

Isi Alenia Pembukaan Undang Undang Dasar 1945

Keterkaitan pada alenia ketiga

Pada alinea ketiga Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyiratkan makna pengakuan atas keberadaan Tuhan serta sisi kemanusiaan dalam memperjuangkan kemerdekaan. Dengan kata lain, alinea ketiga memberikan ruang bagi penjelasan pokok pikiran keempat yakni negara dibangun atas dasar ketuhanan dan kemanusiaan

Keterkaitan pada alenia keempat

Pada alinea keempat terkandung dasar negara secara eksplisit sehingga empat pokok pikiran yang dirumuskan merupakan penjelasan dari inti alinea keempat Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Atau dengan kata lain keempat pokok pikiran tersebut tidak lain adalah merupakan penjabaran dari dasar negara, yaitu Pancasila.

Inti Keterkaitan antar alenia dengan pokok pikiran dan isi pembukaan UUD 1945

Pokok-pokok pikiran tersebut mencangkup suasana kebatinan yang terkandung dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Pokok-pokok pikiran itu mencerminkan falsafah hidup dan pandangan dunia bangsa Indonesia serta cita-cita hukum yang tertulis maupun tidak tertulis. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 mewujudkan pokok-pokok pikiran itu dalam perumusan pasal-pasalnya yang secara umum mencangkup prinsip-prinsip pemikiran dalam garis besarnya.

refrensi download disini :

Modul PPKn K13 Edisi 2018 Analisis Pembukaan UUD 1945

Tinggalkan Balasan