Loading...
Materi PembelajaranPembelajaran

Materi Ajar Analisis Kerjasama dalam berbagai Bidang

Kerja sama dalam Lingkungan Sekolah dan Masyarakat

  1. Kerja sama dalam lingkungan sekolah

Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang dibentuk dan berjalan karena adanya kerjasama semua pihak. Di sekolah kerjasama dilaksanakan didasarkan rasa saling membantu dan saling menyayangi. Mulai kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dewan guru, staf, komite sekolah, dan tentu saja peserta didik saling membantu dan saling menyayangi.


Terkait dengan cara menumbuhkan semangat kerjasama di lingkungan sekolah, dapat dilaksanakan, dengan cara sebagai berikut:

  1. Tentukan dan raih tujuan bersama. Semua sekolah memiliki visi dan misi. Sebagai tujuan bersama sebuah sekolah yang disusun dan ingin diraih oleh warga sekolah. Visi dan misi sekolah hendaknya diketahui semua warga sekolah dan semua warga sekolah mengetahui tugas dan tanggung jawabnya untuk mencapai tujuan ber sama tersebut.
  2. Berpartisipasi secara aktif menyusun dan melaksanakan aturan sekolah.
  3. Laksanakan aturan sekolah. Peraturan sekolah apabila ditaati akan membentuk sekolah tersebut menjadi sekolah yang tertib.
  4. Selalu bekerjasama. Jangan memandang rendah peserta didik lain sehingga dia tidak pernah diajak kerja sama. Mungkin saja peserta didik yang pendiam memiliki banyak ide dan gagasan.
  5. Tidak membuat masalah, di kelas terkadang ada saja sumber konflik misalnya peserta didik yang malas mengerjakan tugas piket.
  6. Saling percaya. Jika kepercayaan antar peserta didik hilang, sulit terbentuknya kerjasama.
  7. Saling menghargai dan memberikan penghargaan. Kehidupan di sekolah akan semakin baik apabila seluruh peserta didik dapat saling menghargai. Memberikan penghargaan seperti dengan mengucapkan terimakasih ataupun memuji teman akan meningkatkan rasa pertemanan di sekolah.

Kerjasama di lingkungan sekolah sangat diperlukan, bentuk kerjasama yang dapat dilakukan siswa di sekolah, yaitu:

  • Membuat kelompok belajar
  • Kerja sama membersihkan kelas di lingkungan sekolah
  • Membersihkan ruangan dan halaman sekolah bersama-sama
  • Mengumpulkan dana untuk membantu korban bencana alam
  • Menaati semua peraturan atau tata tertib yang ada di sekolah
  • Mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas dan memperhatikan guru ketika sedang memberikan materi pelajaran.
  • Mengikuti organisasi yang ada di sekolah
  • Mengikuti ekstrakurikuler di sekolah
  • Mengikuti perlombaan akademik maupun non akademik yang dapat membanggakan sekolah

 

  1. Kerja sama di masyarakat

Kerja sama perlu diterapkan juga dalam kehidupan masyarakat, hal ini bertujuan supaya siswa lebih paham arti kerja sama. Bentuk-bentuk hubungan kerja sama dalam lingkungan masyarakat, yaitu diantaranya:

  • Ikut kerja bakti dalam setiap kegiatan
  • Perayaan hari besar nasional atau keagamaan
  • Membantu warga yang tertimpa musibah
  • Menjaga keamanan lingkungan
  • Pembentukan panitia karangtaruna

 

  1. Hubungan kerja sama sekolah dengan masyarakat

Hubungan sekolah dengan masyarakat merupakan jalinan interaksi yang diupayakan oleh sekolah agar dapat diterima di tengah-tengah masyarakat untuk mendapatkan aspirasi, simpati dari masyarakat, serta mengupayakan terjadinya kerjasama yang baik antar sekolah dengan masyarakat untuk kebaikan bersama, atau secara khusus bagi sekolah penjalinan hubungan tersebut adalah untuk mensukseskan program-program sekolah yang bersangkutan sehingga sekolah tersebut bisa tetap eksis.

Bentuk-bentuk hubungan kerja sama sekolah dengan masyarakat antara lain :

  • Mengikutsertakan guru dan siswa dalam kegiatan masyarakat. Ini dapat dilakukan dengan mengikuti bakti sosial yang diselenggarakan sekolah dan bekerja sama dengan warga sekitar sekolah.
  • Menyediakan fasilitas sekolah untuk keperluan masyarakat.

Lapangan olahraga yang menjadi sarana olahraga siswa dapat digunakan juga oleh masyarakat, selain itu halaman sekolah dapat juga digunakan untuk kegiatan sholat idul fitri atau idul adha bagi umat islam.

  • Sekolah mengundang organisasi atau perseorangan yang bersimpati terhadap pendidikan untuk mengadakan rapat bersama guna membahas pendidikan lingkungan dan masalah kenakalan.
  • Mengikutsertakan tokoh masyarakat dalam keanggotaan komite sekolah.

 

Daftar Pustaka

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan . 2016. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMP/MTs kelas VII Edisi Revisi. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemdikbud.

Tinggalkan Balasan