Loading...
Materi PembelajaranPembelajaran

Materi Ajar K13 kelas 7 semester 2 Keberagaman SARA

Banggakah kalian terlahir di Indonesia? Sudahkah muncul kebanggan didalam hati kalian terhadap Indonesia? Apa saja yang membuat kalian bangga terhadap Indonesia? Nah, pertanyaan tersebut akan mengarahkan kalian untuk membahas materi mengenai “Keberagaman suku,agama,ras,dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika”. Sebelum mempelajari lebih dalam mengenai materi tersebut kita harus menumbuhkan rasa syukur kita terhadap Tuhan Yang Maha Esa karena telah memberikan begitu banyak karunia terhadap kita, terutama karena kita terlahir di Indonesia, yang mana merupakan bangsa yang besar dan penuh keragaman. Rasa syukur tersebut harus kita pelihara agar kita sebagai warga negara Indonesia bisa menjaga,menghormati semua keberagaman yang ada di Indonesia.

baca juga : Materi K13 Kelas 7 Mapel PPKn Kerjasama dalam Berbagai Bidang


Keberagaman merupakan sebuah kodrat manusia yang tidak bisa dielakan sebagai karunia tuhan YME. Keberagaman ini bisa saja di artikan sebagai wujud syukur dari berbagai karakter, warna kulit, sampai pada mempercayai Tuhannya. Analoogi untuk keberagaman ini ibaratkan sebagai sebagai bereas. Esensi sebuah beras merupakan bahan makanan pokok yang sering di cari karena memiliki kadar kandungan karbohidrat dan glukosa yang tinggi. Keberagaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang. Perbedaan tersebut dalam hal suku bangsa, ras, agama, keyakinan, ideologi politik, sosial-budaya, dan ekonomi.

Baca : Prinsip Persatuan dalam Keberagaman Multikultural
Keanekaragaman yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan kekayaan dan keindahan wilayah negara Indonesia. Keberagaman dalam masyarakat Indonesia sudah menjadi ketetapan Tuhan Yang Maha Kuasa.
Keberagaman merupakan anugerah yang patut disyukuri karena tidak mudah mengelola keberagaman di Indonesia. Pemerintah dan seluruh warga negara Indonesia sebaiknya mendorong keragaman itu menjadi sebuah kekuatan guna mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa. Menghormati keberagaman adalah sikap terpuji sebagaimana Tuhan menciptakan makhluknya yang beraneka ragam pula.

Full File materi download disini :

Tinggalkan Balasan