Loading...
Materi Pembelajaran

Materi PPKn K13 Edisi Reivis Kelas X Bab Nilai Nilai Pancasila dalam Praktek Penyelenggaraan Negara

Seperti yang telah kita ketahui Pancasila adalah dasar Negara Republik Indonesia. Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara merupakan pedoman dalam kehidupan bernegara. Jadi setiap perbuatan atau pun perilaku kita harus sesuai dengan Pancasila. Nilai-nilai dalam Pancasila dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Dengan kata lain, nilai-nilai tersebut tetap dapat diterapkan dalam berbagai kehidupan bangsa dari masa ke masa.

Hal tersebut dikarenakan Pancasila merupan ideologi bersifat terbuka. Ciri khas ideologi terbuka adalah nilai-nilai dan cita-citanya tidak
dipaksakan dari luar, melainkan digali dan diambil dari kekayaan rohani, moral
dan budaya masyarakat itu sendiri. Dasarnya dari konsensus masyarakat, tidak
diciptakan oleh negara, melainkan ditemukan dalam masyarakat sendiri. Oleh
sebab itu, ideologi terbuka adalah milik dari semua rakyat, masyarakat dapat menemukan dirinya di dalamnya.


Pancasila berakar pada pandangan hidup bangsa dan falsafah bangsa, sehingga mememnuhi prasyarat menjadi ideologi yanf terbuka. Sekalipun Sekalipun Pancasila bersifat terbuka, tidak berarti bahwa keterbukaannya adalah sebegitu rupa sehingga dapat memusnahkan atau meniadakan jati diri Pancasila sendiri. Keterbukaan Pancasila mengandung pengertian bahwa Pancasila senantiasa mampu berinteraksi secara dinamis. Nilai-nilai Pancasila tidak berubah, namun pelaksanaannya disesuaikan dengan kebutuhan dan tantangan nyata yang kita hadapi dalam setiap waktu. Hal ini dimaksudkan untuk menegaskan bahwa ideologi Pancasila bersifat aktual, dinamis, antisipatif dan senantiasa mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, ilmu pengetahuan dan teknologi serta dinamika perkembangan aspirasi masyarakat.

Full Materi Di download dibawah Ini :

Tinggalkan Balasan