Loading...
Media Pembelajaran

LKPD Jenjang SMA Kelas X Semester 1 Tentang Hakikat Ilmu Fisika

Lembar kerja peserta didik (LKPD) merupakan salah satu sarana untuk membantu dan mempermudah dalam kegiatan belajar mengajar sehingga akan terbentuk interaksi yang efektif antara peserta didik dengan pendidik, sehingga dapat meningkatkan aktifitas peserta didik dalam peningkatan prestasi belajar.

Widjajanti (2008:1) mengatakan lembar kerja peserta didik (LKPD) merupakan salah satu sumber belajar yang dapat dikembangkan oleh pendidik sebagai fasilitator dalam kegiatan pembelajaran. LKPD yang disusun dapat dirancang dan dikembangkan sesuai dengan kondisi dan situasi kegiatan pembelajaran yang akan dihadapi.


Sementara itu, menurut Depdiknas (2008) lembar kerja peserta didik (LKPD) adalah lembaran-lembaran berisi tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik. Lembar kegiatan biasanya berupa petunjuk, langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu tugas. Keuntungan penggunaan LKPD adalah memudahkan pendidik dalam melaksanakan pembelajaran, bagi peserta didik akan belajar mandiri dan belajar memahami serta menjalankan suatu tugas tertulis.

Hakikat Ilmu Fisika

Hakikat IPA adalah IPA sebagai produk untuk pengganti pernyataan IPA sebagai sebuah kumpulan pengetahuan (a body of knowledge), IPA sebagai sikap untuk pengganti pernyataan IPA sebagai cara atau jalan berpikir (a way of thinking), dan IPA sebagai proses untuk pengganti pernyataan IPA sebagai cara untuk penyelidikan (a way of investigating). Karena fisika merupakan bagian dari IPA atau sains, maka sampai pada tahap ini kita dapat menyamakan persepsi bahwa hakikat fisika adalah sama dengan hakikat IPA atau sains, hakikat fisika adalah sebagai produk (a body of knowledge), fisika sebagai sikap (a way of thinking), dan fisika sebagai proses (a way of investigating).

 Permasalahan

Pada pertengahan 1800-an, kehidupan semua orang berubah dengan penemuan cahaya listrik. Penemuan lampu itu menggunakan listrik untuk pencahayaan dalam rumah. Salah satu ilmuwan yang mengembangkan bola lampu adalah Humphry Davy menemukan lampu listrik pertama. Humphry Davy bereksperimen dengan listrik dan menemukan baterai listrik. Ketika dia menghubungkan kabel ke baterai dan sepotong karbon, karbon menyala, menghasilkan cahaya. Kelemahan dari lampu ini yaitu cahaya tidak bertahan lama dana terlalu terang dalam penggunaan. Kemudian kelemahan ini dilanjutkan oleh ilmuwan bernama Thomas Alva Edison.

Pada usia 10 tahun, Edison telah mulai kegiatan eksperimen. Dia menjadikan ruang bawah rumah ayahnya sebagai laboratorium kimia. Dia mulai mencoba eksperimen yang berhubungan dengan obat-obatan sampai peralatan-peralatan listrik. Pada usia 12 tahun, Edison ingin mempunyai uang sendiri tanpa membebani orangtuanya.

File LKPD Download Disini ;

Tinggalkan Balasan