Loading...
Materi PembelajaranPembelajaran

Modul PPKn K13 Kelas 9 KD 3.4 Prinsip Persatuan

Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian

Kompetensi

3.4 Menganalisis prinsip persatuan dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), sosial, budaya, ekonomi, dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

3.4.1 Mendeskripsikan prinsip persatuan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika


3.4.2 Mengidentifikasi keragaman Indonesia

3.4.3 Menganalisis peranan warga negara dalam memperkuat persatuan di berbagai bidang kehidupan

4.4 Mendemonstrasikan hasil analisis prinsip persatuan dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargo

longan (SARA) dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

4.4.1 Menyusun hasil analisis prinsip persatuan dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan

(SARA) dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

4.4.2 Mendemonstrasikan hasil analisis prinsip persatuan dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Prolog 

Indonesia merupakan negara kepulauan yang di dalamnya terdapat berbagai suku, agama, ras antar golongan. Keberagaman memang tidak dapat dipisahkan dari Indonesia, keberagaman adalah ciri khas negara kita. Keberagaman yang ada disatukan dalam sebuah semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Nah, pada Bab 5 ini kalian akan membahas tentang berbagai macam keberagaman di Indonesia. Kalian akan mengetahui keragaman suku, agama, ras dan antargolongan (SARA), keragaman sosial, keragaman budaya, keragaman ekonomi serta keragaman gender. Berbagai keragaman itu harus disatukan dengan prinsip persatuan pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Prinsip Persatuan

Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki luas lautan dan daratan kurang lebih 5.193.252 km2 yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Salah satu negara yang memiliki ratusan suku dan budaya, serta memiliki kurang lebih 760 bahasa daerah. Berbagai keragaman itu disatukan dalam sebuah negara bernama Indonesia. Keragaman yang dimiliki Indonesia bisa dijadikan sebagai kelebihan yang dimiliki bangsa tetapi juga dapat menjadi masalah bagi bangsa ini jika kita tidak mampu mengelolanya dengan baik. Bhinneka Tunggal Ika sebagai semoboyan negara menjadi pengikat bagi keragaman yang ada di negeri ini. Para pendiri bangsa menjadikan negara Indonesia sebagai negara kesatuan, sesuai dengan bunyi dari sila ke-3 Pancasila “Persatuan Indonesia”.

Baca : Modul K13 Kelas X Pentingnya Wawasan Nusantara

Tahukan kalian apakah yang dimaksud dengan persatuan? Persatuan dalam arti umum adalah gabungan dari beberapa bagian yang sudah bersatu. Persatuan dalam arti khusus adalah paham yang mengatasi paham golongan dan paham perorangan. Kesatuan dalam arti umum adalah keadaan yang merupakan satu keutuhan. Kesatuan dalam arti khusus adalah paham wawasan nusantara. Jadi dapat kita simpulkan bahwa persatuan merupakan bersatunya aneka macam-macam keragaman yang ada di Indonesia menjadi satu kesatuan utuh dan serasi. Untuk mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia kita harus memiliki prinsipprinsip persatuan. Nah, mari kita bahas satu persatu prinsip-prinsip persatuan pada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Download Modul disini

Modul PPKn Kurikulum K13 KD 3.4 Prinsip Persatuan dalam Keberagaman

Tinggalkan Balasan