Loading...
Materi PembelajaranPembelajaran

Modul PPKn K13 Kelas 9 KD 3.5 Harmoni Keberagaman

BAHAN AJAR SMP KELAS IX SEMESTER II

HARMONI KEBERAGAMAN DALAM BINGKAI BHINNEKA TUNGGAL IKA

Kompetensi Dasar:

3.5 Menganalisis prinsip harmoni dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), sosial, budaya, ekonomi, dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Indikator:

3.5.1 Menjelaskan pengertian dan prinsip-prinsip harmoni


3.5.2 Menganalisis prinsip harmoni dalam keberagaman sosial dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

3.5.3 Menganalisis prinsip harmoni dalam keberagaman SARA dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

3.5.4 Menganalisis prinsip harmoni dalam keberagaman budaya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

3.5.5 Menganalisis prinsip harmoni dalam keberagaman ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

3.5.6 Menganalisis prinsip harmoni dalam keberagaman gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Baca : Materi Ajar K13 kelas 7 semester 2 Keberagaman SARA

Prinsip Harmoni

Kalian tentu sudah tahu bahwa negara kita merupakan sebuah negara besar yang mempunyai daratan dan lautan yang luas serta jumlah penduduk yang besar pula. Dengan luas wilayah dan jumlah penduduk yang begitu besar membuat negara ini mempunyai keberagaman suku, agama, ras, antargolongan, bahasa, budaya serta ketersediaan sumber daya alam yang melimpah. Gambar di samping merupakan keberagaman agama dalam masyarakat Indonesia. Keberagaman atau kebhinekaan di negara kita merupakan suatu hal yang tidak bisa dihindari. Kebhinekaan yang terjadi di negara kita merupakan sebuah potensi sekaligus tantangan.

Dikatakan sebagai sebuah potensi, karena hal tersebut akan membuat bangsa kita menjadi bangsa yang besar dan memiliki kekayaan yang melimpah baik kekayaan alam maupun kekayaan budaya yang dapat menarik minat para wisatawan asing untuk mengunjungi Indonesia. Kebhinekaan bangsa Indonesia juga merupakan sebuah tantangan bahkan ancaman, karena dengan adanya kebhinekaan tersebut mudah membuat penduduk Indonesia berbeda pendapat yang lepas kendali, mudah tumbuhnya perasaan kedaerah yang amat sempit yang sewaktu bisa menjadi ledakan yang akan mengancam integrasi nasional atau persatuan dan kesatuan bangsa. Oleh karena segenap warga negara mesti mewaspadai segala bentuk ancaman yang dapat memecah belah bangsa Indonesia dengan senantiasa mendukung segala upaya atau strategi pemerintah dalam mengatasi berbagai acaman tersebut. Sikap terbaik yang harusnya kita lakukan untuk menghadapi tantangan dan ancaman dalam keberagaman adalah dengan saling menghormati. Hal tersebut memang tidak mudah, tetapi mungkin untuk diwujudkan. Masyarakat harus menjadikan perbedaan menjadi harmoni dalam kehidupan. Harmoni dapat kita artikan sebagai paduan keselarasan atau perpaduan segala macam perbedaan di dalam masyarakat. Keselarasan dalam kehidupan masyarakat akan menciptakan tatanan kehidupan sosial yang indah dan teratur.

Download Modul disini :

Modul PPKn K13 KD 3.5 Prinsip Harmoni dalam Keberagaman

Tinggalkan Balasan