Loading...
Materi PembelajaranPembelajaran

Modul PPKn K13 Kelas 9 KD 3.6 Cinta Tanah Air

Kompetensi Dasar

Mengkreasikan konsep cinta tanah air/bela negara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia

Indikator

3.5 1 Menjelaskan makna cinta tanah air dan bela negara dalam konteks NKRI
3.5.2Menjelaskan Perundang-undangan yang mengatur Bela Negara
3.5.3Menganalisis perjuangan untuk mengisi kemerdekaan dalam konteks mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia
3.5.4Menganalisis ancaman terhadap NKRI saat ini Mengkreasikan semangat persatuan dan kesatuan nasional dalam mengisi serta mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Baca : Arti Penting Semangat dan Komitmen Kebangsaan

Pendidikan Kewarganegaraan

Sejak masih SD hingga SMP kelas IX, kalian pasti mendapatkan materi Pendidikan Kewarganegaraan di sekolah. Tahukal kalian, Pendidikan kewarganegaraan merupakan upaya membina kesadaran peserta didik untuk ikut serta dalam pembelaan negara. Pendidikan kewarganegaraan dimaksudkan untuk membina dan meningkatkan usaha pertahanan negara dengan menanamkan komitmen kebangsaan, termasuk mengembangkan nilai, perilaku dan bertanggung jawab sebagai warga negara Indonesia.

Salah satu materi yang wajib dimuat dalam kurikulum pendidikan dasar, menengah, dan pendidikan tinggi adalah Pendidikan Kewarganegaraan. Hal ini sesuai dengan Pasal 37 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yang pada intinya menentukan bahwa kurikulum pendidikan dasar dan menengah maupun pendidikan tinggi wajib memuat antara lain pendidikan kewarganegaraan. Jadi kalian harus memahami bahwa Pendidikan Kewarganegaraan dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air.

Download Modul Disini :

Modul PPKn K13 Kelas 9 KD 3.6 Cinta Tanah Air dalam Konteks NKRI

Tinggalkan Balasan