Loading...
Pembelajaran

Pemetaan KD dan Analisis SKL

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

DAN


ANALISIS KOMPETENSI INTI-KOMPETENSI DASAR

 

Nama Sekolah             :

Mata Pelajaran            : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Kelas/Semester           : X (Sepuluh)/1 (Satu)

 

Standar Kompetensi Lulusan Kompetensi Inti Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi Materi Pokok Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Rencana Penilaian
Teknik Bentuk
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
Dimensi Sikap:

Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap:

1.  beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME,

2.  berkarakter, jujur, dan peduli,

3.  bertanggungjawab,

4.  pembelajar sejati sepanjang hayat, dan

5.  sehat jasmani dan rohani

sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan internasional.

 

Dimensi Pengetahuan:

Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks berkenaan dengan:

1.  ilmu pengetahuan

2.  teknologi

3.  seni

4.  budaya, dan

5.  humaniora.

 

Mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, serta kawasan regional dan internasional.

 

Dimensi Keterampilan

Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak:

1.  kreatif,

2.  produktif,

3.  kritis,

4.  mandiri,

5.  kolaboratif, dan

6.  komunikatif

melalui pendekatan ilmiah sebagai pengembangan dari yang dipelajari di satuan pendidikan dan sumber lain secara mandiri.

·    KI 1 (Sikap Spiritual)

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

 

·    KI 2 (Sikap Sosial)

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

 

KI 3

(Pengetahuan)

Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

 

KI 4

Keterampilan:

Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

1.5.Mensyukuri nilai-nilai yang membentuk komitmen integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika sebagai wujud syukur kepada Tuhan yang Maha Esa. 1.  Menunjukkan rasa syukur atas nilai-nilai yang membentuk komitmen integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

2.  Membangun nilai-nilai toleran yang membentuk komitmen integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

3.  Membangun nilai-nilai damai yang membentuk komitmen integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

1.  Kebhinekaan bangsa Indonesia.

2.  Konsep integrasi nasional.

3.  Faktor-faktor pembentuk integrasi nasional.

4.  Tantangan dalam menjaga keutuhan NKRI.

5.  Peran serta warga negara dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa

·    Mengamati gambar tayangan video/film dengan penuh rasa syukur dan atau membaca dari berbagai sumber (buku, media cetak maupun elektronik) tentang faktor-faktor pembentuk integrasi nasional.

·    Mengidentifikasi dan bertanya mendalam/dialektis secara damai dan toleran dengan menggunakan high- order-thinking skills (HOTS) tentang faktor-faktor pembentuk integrasi nasional

·    Mengumpulkan informasi dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

·    Menganalisis dan menyimpulkan hasil analisis/diskusi kelompok tentang faktor-faktor pembentuk integrasi nasional.

·    Mempresentasikan hasil analisis kerja kelompok melalui debat pro kontra  tentang faktor-faktor pembentuk integrasi nasional.

Pengamatan

(Tidak Tertulis)

Lembar Observasi Sikap Spiritual
2.5.Menunjukkan sikap kerjasama dalam rangka mewujudkan komitmen integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Pengamatan

(Tidak Tertulis)

Lembar Observasi Sikap Sosial
3.5.Mengidentifikasi faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. 1.  Mengidentifikasi kebhinnekaan bangsa Indonesia.

2.  Menganalisis konsep integrasi nasional.

3.  Mengidentifikasi faktor-faktor pembentuk integrasi nasional.

4.  Menganalisis tantangan dalam menjaga keutuhan NKRI.

5.  Menunjukkan peran serta warga negara dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Tertulis Essai
4.5.Mendemonstrasikan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. 1.  Menyajikan hasil analisis tentang faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

2.  Mengomunikasikan hasil analisis tentang faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Tertulis dan Tidak Tertulis Portofolio dan Lembar Observasi Kerja Kelompok
1.6.Bersyukur kepada Tuhan yang Maha Esa atas nilai-nilai yang membentuk kesadaran atas ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. 1.  Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa atas nilai-nilai yang membentuk kesadaran atas ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

2.  Membangun nilai-nilai kerja sama yang membentuk kesadaran akan ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ipoleksosbudhankam dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

3.  Membangun nilai-nilai gotong royong yang membentuk kesadaran akan ancaman terhadap negara dan upaya penyelesainnya di bidang Ipoleksosbudhankam dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Indikator ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, dan hankam dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

1.  Ancaman terhadap integrasi nasional.

2.  Ancaman di bidang Ipoleksosbudhankam.

3.  Peran serta masyarakat dalam mengatasi berbagai ancaman dalam membangun integritas nasional.

·    Mengamati gambar /tayangan vidio/film dengan penuh rasa syukur dan atau membaca dari berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) tentang indikator ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan.

·    Mengidentifikasi dan mengajukan pertanyaan dengan menggunakan high-order-thinking skills (HOTS) tentang indikator ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan.

·    Mengumpulkan informasi dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan menganalisissecara bekerjasama dan bergotong tentang indikator ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan

·    Mempresentasikan hasil analisis kerja kelompok dan proyek kewarganegaraan secara bekerjasama dan bergotong royong tentang indikator ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan

Pengamatan

(Tidak Tertulis)

Lembar Observasi Sikap Spiritual
2.6.Bersikap responsif dan proaktif atas ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. 1.  Membangun nilai-nilai kerjasama terkait ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ipoleksosbudhankam dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

2.  Membangun nilai-nilai gotong royong terkait ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ipoleksosbudhankam dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Pengamatan

(Tidak Tertulis)

Lembar Observasi Sikap Sosial
3.6.Menganalisis ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. 1.  Menganalisis ancaman terhadap integrasi nasional.

2.  Mengidentifikasi ancaman di bidang Ipoleksosbudhankam.

3.  Menunjukkan peran serta masyarakat dalam mengatasi berbagai ancaman dalam membangun integritas nasional.

Tes Tertulis Essai
4.6.Menyaji hasil analisis tentang ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan. 1.  Menyajikan hasil analisis tentang ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, dan hankam.

2.  Mengomunikasikan hasil analisis tentang ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, dan hankam.

Tertulis dan Tidak Tertulis Kerja Projek, Laporan Projek, dan Lembar Observasi Kerja Kelompok
1.7.Menghargai wawasan nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa. 1.  Menunjukkan rasa syukur atas anugerah Tuhan yang Maha Esa dengan melimpahkan wawasan nusantara dalam konteks NKRI.

2.  Membangun nilai-nilai menghargai pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia.

3.  Membangun nilai-nilai peduli pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Arti pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks negara Kesatuan Republik Indonesia.

1.  Konsep Wawasan Nusantara.

2.  Kedudukan fungsi dan tujuan Wawasan Nusantara.

3.  Aspek Trigatra dan Pancagatra dalam Wawasan Nusantara.

4.  Peran serta warga negara mendukung implementasi Wawasan Kebangsaan.

·    Mengamati gambar/tayangan video/film dengan penuh rasa syukur dan atau   membaca dari berbagai sumber (buku, artikel, dan media cetak maupun elektronik tentang arti pentingnya Wawasan Nusantara.

·    Mengidentifikasi dan mengajukan pertanyaan dengan  menggunakan high-order-thinking skills (HOTS) tentang arti pentingnya Wawasan Nusantara.

·    Mengumpulkan informasi, dan menganalisis tentang arti pentingnya Wawasan Nusantara.

·    Menyimpulkan dan mengambil keputusan bersama hasil analisis tentang arti pentingnya Wawasan Nusantara

Pengamatan

(Tidak Tertulis)

Lembar Observasi Sikap Spiritual
2.7.Bertanggung jawab mengembangkan kesadaran akan pentingnya wawasan nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pengamatan

(Tidak Tertulis)

Lembar Observasi Sikap Sosial
3.7.Menginterpretasi pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia. 1.  Menganalisis Wawasan Nusantara.

2.  Mengidentifikasi fungsi dan tujuan Wawasan Nusantara.

3.  Mengidentifikasi aspek Trigatra dan Pancagatra dalam Wawasan Nusantara.

4.  Menunjukkan peran serta warga negara mendukung implementasi Wawasan Kebangsaan.

Tes Tertulis Essai
4.7.Mempresentasi hasil interpretasi terkait pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia. 1.  Menyajikan hasil analisis tentang pentingnya wawasan nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2.  Mengomunikasi-kan hasil analisis tentang pentingnya wawasan nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tertulis dan Tidak Tertulis Kerja Projek, Laporan Projek, dan Lembar Observasi Kerja Kelompok

Tinggalkan Balasan