Loading...
Materi PembelajaranPembelajaran

Pengembangan Materi Contoh perilaku Penerapan Norma dalam Kehidupan

  1. Perilaku Sesuai Norma dalam kehidupan sehari-hari

Norma kesusilaan, noma kesopanan, dan norma hukum akan selaras apabila pelaksanaannya dilandasi dengan nilai-nilai Ketuhanan Yang Maha Esa. Norma, dan aturan tersebut wajib ditaati oleh semua anggota masyarakat. Ketaatan adalah sikap patuh pada aturan yang berlaku. Kepatuhan harus muncul dari dorongan tanggung jawab sebagai warga negara yang baik. Bukan disebabkan oleh adanya sanksi atau hadirnya aparat negara. Sikap taat akan muncul pertama kali dalam diri sendiri apabila sudah menjadi kebiasaan. Dimana pun berada, tentunya akan selalu menaati norma yang berlaku. Sikap patuh terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara bukan lahir karena keadaan terpaksa, takut dikenakan sanksi atau karena kehadiran aparat penegak hukum. Kepatuhan harus muncul dari dorongan tanggung jawab kalian sebagai warga negara yang baik. Sikap patuh akan muncul pertama kali dalam diri sendiri apabila sudah menjadi kesadaran. Kesadaran diri akan arti penting, tujuan dan fungsi norma dalam kehidupan akan mendorong seseorang terbiasa untuk mematuhi norma-norma yang berlaku.

Norma yang berlaku harus ditegakkan oleh seluruh komponen bangsa. Sebagai warga negara yang baik dan menyadari akan pentingnya norma, kebiasaan, adat istiadat yang baik serta peraturan yang berlaku untuk menjadi pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sudah seyogyanya mengemalkan ketentuan tersebut dalam perilaku kehidupan sehari-hari.


Dibawah ini diberikan contoh penerapan norma dan peraturan yang berlaku dalam kehidupan di lingkungan keluarga, sekolah, masyaralat dan negara.

  1. Contoh perilaku sesuai norma yang berlaku dalam kehidupan keluarga
  2. berperilaku sopan
  3. mengerjakan pekerjaan rumah yang telah disepakati bersama (mengepel, mencuci, dan sebagainya)
  4. hormat kepada orang tua
  5. taat kepada perintah orang tua
  6. bertutur kata yang baik
  7. saling menyayangi antar anggota keluarga
  8. hidup rukun dalam keluarga
  9. Contoh perilaku sesuai norma dalam kehidupan Sekolah
  10. mentaati peraturan dan tata tertib sekolah;
  11. tidak terlambat datang ke sekolah
  12. tidak membolos
  13. memakai seragam sekolah
  14. santun terhadap guru
  15. menyayangi teman
  16. tidak melakukan tindakan yang melanggar aturan/peraturan yang berlaku
  17. tidak berjudi, tidak mabuk dan tidak menggunakan obat-obatan yang dilarang (Narkoba)
  18. Contoh perilaku sesuai norma dalam kehidupan masyarakat dan negara
  19. Ikut mendukung program keamanan dan ketertiban masyarakat (poskamling/ronda)
  20. Mematuhi peraturan lalulintas
  21. Tidak melakukan tindakan main hakim sendiri
  22. Membayar pajak sesuai dengan ketentuan, dsb
  23. Memiliki dan menerapkan budaya malu, budaya tertib dan budayabersih. Budaya malu yaitu sikap malu jika melanggar aturan.Misalnya, malu datang terlambat hadir di sekolah. Budaya tertib diartikan sebagia kebiasaan bersikap tertib di mana pun kita berada. Seperti, mengikuti antrian sesuai dengan nomor antrian. Sedangkan budaya bersih merupakan sikap untuk berkata dan berperilaku jujur dan bersih dari tindakan-tindakan kotor. Misalnya tidak menyontek ketika ulangan atau ujian.

Tinggalkan Balasan