Loading...
Materi PembelajaranPembelajaran

Pengembangan Materi Tentang Pentingnya Menghargai Norma Norma Yang Berkembang

Menghargai norma-norma keadilan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa

 

  1. Norma dalam kehidupan bermasyarakat

Norma pada hakekatnya merupakan kaedah hidup yang memengaruhi tingkah laku manusia dalam hidup bermasyarakat. Juga dapat diartikan aturan atau ketentuan yang mengatur kehidupan warga masyarakat, dipakai sebagai panduan, tatanan, dan pengendali tingkah laku. Dalam kehidupan masyarakat terdapat empat macam norma, yaitu norma kesopanan, norma kesusilaan, norma agama, dan norma hukum.


  1. Pengertian Norma

Kehidupan sehari-hari tidak lepas dari aturan-aturan hidup yang berlaku. Aturan-aturan tersebut yang sering disebut norma. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, norma adalah aturan atau ketentuan yang mengikat warga kelompok dalam masyarakat dan dapat digunakan sebagai panduan, tatanan, dan pengendalian tingkah laku yang sesuai,dan diterima oleh masyarakat. Sedangkan menurut Antony Giddens menjelaskan pengertian norma sebagai sebuah prinsip maupun aturan yang jelas, nyata atau konkret yang harus diperhatikan oleh setiap masyarakat.

Sedangkan menurut John J Macionis norma merupakan segala aturan dan harapan masyarakat yang memandu segala prilaku anggota masyarakat.Selain itu Soerjono Soekamto norma ialah sebuah perangkat dimana hal itu dibuat agar hubungan didalam suatu masyarakat dapat berjalan seperti yang diharapkan. Segala norma yang dibuat akan mengalami proses dalam suatu masyarakat sehingga norma-norma tersebut diakui, dihargai, dikenal dan ditaati oleh warga mayarakat dalam kehidupannya sehari-hari.

Beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa norma adalah kaidah atau pedoman dalam mewujudkan suatu nilai. Kaidah atau pedoman dalam mewujudkan tersebut biasanya berupa perintah atau larangan. Norama atau kaidah yang sudah disepakati para anggotanya berisi perintah, anjuran dan larangan.

 

 

  1. Tujuan dan Fungsi Norma

            Secara umum norma-norma bertujuan untuk mengatur kehidupan manusia yang mempunyai kepentingan berbeda sehingga perbedaan tersebut tidak menjadi konflik atau pertentangan di masyarakat. Dengan adanya norma setiap manusia akan mendapatkan jaminan perlindungan atas dirinya dendiri dan kepentingan dalam berhubungan dengan sesamanya di masyarakat. Sehiengga akan terjalin hubungan yang harmonis dalam masyarakat. Adanya jaminan terhadap diri dan kepentingan dalam hidup masyarakat dapat terbentuk. Keserasian hubungan di antara warga masyarakat dapat menciptakan keamanan dan ketertiban. Dengan demikian, dapat simpulkan bahwa tujuan norma adalah untuk menciptakan keamanan dan ketertiban dalam hidup masyarakat.

Sementara itu, adanya norma dalam kehidupan masyarakat tertentunya memiliki fungsi. Fungsi norma adalah untuk mewujudkan keteraturan dan ketertiban dalam hidup di masyarakat.

Tinggalkan Balasan