Loading...
Materi PembelajaranPembelajaran

Pentingnya Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa

Pancasila adalah dasar negara Indonesia yang telah ditetapkan saat sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada tanggal 18 Agustus 1945. Selain sebagai landasan berdirinya negara Indonesia pancasila juga memiliki fungsi lain yaitu Pancasila sebagai dasar negara, Pancasila sebagai jiwa bangsa, kepribadian bangsa, cita-cita bangsa dan Pancasila sebagai sumber hukum bangsa Indonesia, serta sebagai pandangan hidup bangsa.

Pandangan hidup adalah nilai-nilai yang di anut oleh suatu masyarakat, yang dipilih secara selektif oleh para individu dan golongan di dalam masyarakat. pandangan hidup terdiri atas cita-cita, kebijakan dan sikap hidup. Dengan pandangan hidup yang jelas maka suatu negara akan mampu untuk memecahkan berbagai macam persoalan yang terjadi baik masalah yang menyangkut politik, sosial, ekonomi, budaya, agama dan kain sebagainnya. Pandangan hidup ini semakin dibutuhkan karena tingkat globalisasi yang bertumbuh semakin pesat diikuti dengan semakin maju dan modernnya masyarakat zaman sekarang. Dalam pandangan hidup bangsa juga terkandung nilai atau gagasan untuk membantu mewujudkan kehidupan sebagaimana yang telah dicita-citakan.


Pandangan Hidup adalah sebagai prinsip atau asas yang mendasari berbagai jawaban mengenai pertanyaan dasar untuk apa seseorang itu hidup. Berdasar dari pengertian tersebut, maka dalam pandangan hidup bangsa terkandung konsepsi dasar mengenai kehidupan yang dicita-citakan, terkandung pula dasar pikiran terdalam serta gagasan mengenai wujud kehidupan yang dianggap baik.

Pandangan hidup bagi suatu negara menjadi hal yang sangat penting dalam menjaga kelangsungan dan lestarinya bangsa. Hal ini disadari oleh pendiri bangsa seperti bisa kita buktikan pada pidato Mohammad Yamin pada sidang BPUPKI yang pertama. Di dalam sidang BPUPKI tersebut, Mohammad Yamin menyatakan bahwa :

“… rakyat Indonesia mesti mendapat dasar negara jang berasal dari peradaban kebangsaan Indonesia; orang timur pulang kebudajaan timur.

“… kita tidak berniat lalu akan meniru sesuatu susunan tata negara negeri luaran. Kita bangsa Indonesia masuk jang beradab dan kebudajaan kita beribu-ribu tahun umurnya.”

Pandangan hidup terdiri atas kesatuan rangkaian nilai-nilai luhur merupakan suatu wawasan yang menyeluruh terhadap kehidupan itu sendiri. Pandangan hidup berfungsi sebagai:

  1. Kerangka acuan baik untuk menata kehidupan diri pribadi maupun dalam interaksi antar manusia dalam masyarakat serta alam sekitarnya.
  2. Penuntut dan petunjuk arah bagi bangsa Indonesia dalam semua kegiatan dan aktivitas hidup serta kehidupan di segala bidang.

Manfaat Pandangan Hidup antara lain:

  1. Kekokohan dan tujuan, setiap bangsa yang ingin berdiri kokoh dan mengetahui jelas kearah mana tujuan yang makan ingin dicapai memerlukan pandangan hidup.
  2. Pemecah masalah, dengan adanya pandangan hidup suatu bangsa akan memandang persoalan yang dihadapi dan menentukan cara bagaimana memecahkan persoalan.
  3. Pembangun diri, dengan padangan hidup suatu bangsa akan memiliki pegangan dan pedoman bagaiman memecahkan masalah politik, ekonomi, sosial, dan budaya dalam gerak masyarakat yang semakin maju dan akan membangun dirinya.

Isi pandangan hidup

  1. Konsep dasar, dalam pendangan hidup terkandung konsep dasar ialah pikiran-pikiran yang didalamnya terkandung gagasan mengenai wujud kehidupan yang dianggap baik yang di cita-citakan suatu bangsa.
  2. Pikiran dan gagasan, dalam pandangan hidup terkandung pula pikiran-pikiran yang terdalam dan gagasan suatu bangsa mengenai wujud kehidupan yang dianggap baik
  3. Kristalitas dan nilai, pandangan hidup adalah kristalitas nilai yang dimiliki bangsa itu sendiri, yang diyakini kebenarannya dan menimbulkan tekad untuk mewujudkannya.

Pancasila sebagai pandangan hidup, sering disebut dengan way of life, pegangan hidup, pedoman hidup, pandangan dunia maupun petunjuk hidup. Walau ada banyak istilah mengenai pengertian dari pandangan hidup, akan tetapi pada dasarnya memiliki makna yang sama. Lebih lanjutnya, Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa digunakan untuk petunjuk dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia baik dari segi sikap maupun setiap perilaku masyarakat Indonesia yang harus dijiwai oleh nilai-nilai luhur yang terkandung pada Pancasila.

sebagai Bahan materi ajar, bisa di download di bawah ini :

Tinggalkan Balasan