Loading...
Sistem OperasiTeknologi

Blue Screen of Death (BSOD)

Blue Screen of Death (BSOD)

Blue screen of death atau kadang disebut bluescreen saja adalah istilah populer untuk layar yang ditampilkan Microsoft Windows ketika mengalami kesalahan sistem (atau disebut stop error oleh Microsoft). BSOD milik Windows NT, 2000, XP, atau Vista biasanya lebih serius daripada Windows sebelumnya. Ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya BSOD ini. Diantaranya :

  1. Driver peralatan yang tidak bagus
  2. Kesalahan memori, registry yang rusak atau penggunaan file dynamic link library (DLL) yang tidak cocok.

Berbagai bentuk BSOD terdapat pada seluruh sistem operasi Windows sejak Windows 3.1. BSOD merupakan pengganti black screen of death yang muncul pada OS/2 dan MS-DOS. Dalam versi awal dari Windows Vista juga terdapat red screen of death , yang digunakan pada kesalahan boot loader.

Analisis Penyebab BSOD :

  1. Jika Windows Blue Screen Errors muncul ketika kita sedang menginstall Windows maka ada 3 kemungkinan masalahnya, yaitu
    1) CD Drive rusak dan tidak mampu membaca secara sempurna CD Instalasi
    2) CD Instalasi rusak sehingga tidak bisa dibaca sempurna oleh CD Drive
    3) Gejala-gejala bahwa Hard Disk akan segera rusak.
    Ketiga gejala ini harus dipastikan dan dicarikan jalan keluarnya.
  2. Jika Windows Blue Screen Errors muncul ketika sedang booting maka kemungkinan penyebabnya adalah sebelumnya komputer mati/dimatikan secara tidak wajar maka sistem operasi mengalami kerusakan. Solusi atas masalah ini adalah melakukan reparasi sistem operasi.
  3. Kasus ketiga adalah Windows Blue Screen Errors ketika sedang menjalankan sebuah program. Walaupun dalam kenyataannya agak jarang terjadi dibandingkan dengan kasus
    nomor 2 dan nomor 1 di atas.

 

Tinggalkan Balasan