Loading...
Tips

Ringkasan Materi, Soal dan Jawaban Test CPNS TWK Thema Bela Negara

Pengertian cinta tanah air dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia

Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik. Terdiri dari beribu-ribu pulau. Dari Sabang hingga Merauke. Siapa yang akan peduli tentang hal-hal yang ada di Indonesia? Jawabanya adalah warga negara Indonesia itu sendiri bukan?

Maka dari itu setiap warga negara Indonesia haruslah mengerti dan memahami apa yang ada di negaranya. Jika sudah mengetahui, mengerti dan memahami tentang negaranya sendiri maka akan timbul rasa sayang dan cinta, serta rasa memiliki dalam diri setiap warga negara kepada tanah air. Lantas apa itu cinta tanah air? Berikut ini beberapa pengertian cinta tanah air:


baca : Buku Panduan Nasionalisme ASN Golongan III 2019

  1. Cinta tanah air adalah cara berfikir, bersikap, dan bertindak menunjukkan rasa kesetian yang tinggi terhadap bangsa dan negara.
  2. Cinta tanah airadalah perasaan yang timbul dari dalam hati sanubari seorang warga Negara, untuk mengabdi, memelihara, membela, melindungi tanah airnya dari segala ancaman dan gangguan.
  3. Definisi lain mengatakan bahwa Rasa cinta tanah air adalah rasa kebanggaan, rasa memiliki, rasa menghargai, rasa menghormati dan loyalitas yang dimiliki oleh setiap individu pada negara tempat ia tinggal yang tercermin dari perilaku membela tanah airnya, menjaga dan melindungi tanah airnya, rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negaranya, mencintai adat atau budaya yang ada dinegaranya dengan melestarikannya dan melestarikan alam dan lingkungan
  • Makna cinta tanah air dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia

Setelah mengetahui pengertian dari cinta tanah air maka selanjutnya adalah memahami makna dari cinta tanah air. Makna adalah sesuatu yang menjadi latar belakang timbulnya suatu fakta. Makna yang akan dipahami disini berarti adalah latar belakang timbulnya rasa cinta tanah air didalam diri seorang warga negara.

Rasa cinta tanah air adalah rasa kebanggaan, rasa memiliki, yang diwujudkan dalam cara berfikir dan bertindak terhadap tanah airnya, tempat dimana ia tinggal. Rasa dan cara yang timbul tersebut dilatar belakangi karena seorang warga negara menginginkan tanah air tempat ia tinggal beserta isinya tidak hilang atau bahkan diambil pihak lain. Warga negara yang cinta tanah air menginginkan tanah air tempat tinggal selau lestari dan terjaga.

 

Jadi makna dari cinta tanah air adalah menginginkan dan berharap keberadaan dan keberlangsungan tanah air tempat ia tinggal akan lestari dan baik-baik saja. Tanah air bukan saja hanya wilayah atau alam suatu negara tetapi warga negara beserta kebudayaannya, Kesejahteraan rakyatnya dan pemerintahnya yang selalu berdaulat.

  • Pengertian bela negara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia

Bela negara mempunyai arti sebuah konsep yang disusun oleh perangkat perundangan dan petinggi suatu negara tentang patriotisme seseorang, suatu kelompok atau seluruh komponen dari suatu negara dalam kepentingan mempertahankan eksistensi negara tersebut.

Bela Negara secara undang-undang telah diatur. Dalam Pasal 27 ayat (3) UUD 1945 dijelaskan bahwa, tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Kemudian, dipertegas kembali pada Pasal 30 ayat (1) 1945, dimana setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. Selanjutnya, disempurnakan dalam Undang-Undang No. 3 tahun 2002 Tentang Pertahanan Negara. Artinya, “Bela Negara” telah diatur sedemikian rinci dalam perundang-undangan bangsa ini. Yang kemudian menjadi penting dalam “Bela Negara” adalah, bagaimana sebenarnya peran serta tiap-tiap warga agar bisa terlibat dalam pembelaan negara, turut serta menjamin kelangsungan hidup dan membangun keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Selain sebagai hak dan kewajiban, membela negara merupakan suatu kehormatan bagi setiap warga negara yang diberikan oleh negara. Oleh karena itu, membela negara sudah sepantasnya dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab, dan rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara.

Dwonload Naskah Soal dan Jawaban Test CPNS TWK 2019 Thema Bela Negara :

Soal dan Jawaban Test CPNS 2019 Thema Bela Negara

Soal dan Jawaban Test CPNS TWK 2019 Thema Bela Negara

One comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: