Loading...
Tips

Soal CAT TWK CPNS Thema Pancasila

Pengertian Pancasila sebagai pandangan hidup

Pancasila adalah dasar negara Indonesia yang telah ditetapkan saat sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada tanggal 18 Agustus 1945. Selain sebagai landasan berdirinya negara Indonesia pancasila juga memiliki fungsi lain yaitu Pancasila sebagai dasar negara, Pancasila sebagai jiwa bangsa, kepribadian bangsa, cita-cita bangsa dan Pancasila sebagai sumber hukum bangsa Indonesia, serta sebagai pandangan hidup bangsa.

Pandangan hidup adalah nilai-nilai yang di anut oleh suatu masyarakat, yang dipilih secara selektif oleh para individu dan golongan di dalam masyarakat. pandangan hidup terdiri atas cita-cita, kebijakan dan sikap hidup. Dengan pandangan hidup yang jelas maka suatu negara akan mampu untuk memecahkan berbagai macam persoalan yang terjadi baik masalah yang menyangkut politik, sosial, ekonomi, budaya, agama dan kain sebagainnya. Pandangan hidup ini semakin dibutuhkan karena tingkat globalisasi yang bertumbuh semakin pesat diikuti dengan semakin maju dan modernnya masyarakat zaman sekarang. Dalam pandangan hidup bangsa juga terkandung nilai atau gagasan untuk membantu mewujudkan kehidupan sebagaimana yang telah dicita-citakan.


baca : Substansi Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam Pancasila

Pandangan Hidup adalah sebagai prinsip atau asas yang mendasari berbagai jawaban mengenai pertanyaan dasar untuk apa seseorang itu hidup. Berdasar dari pengertian tersebut, maka dalam pandangan hidup bangsa terkandung konsepsi dasar mengenai kehidupan yang dicita-citakan, terkandung pula dasar pikiran terdalam serta gagasan mengenai wujud kehidupan yang dianggap baik.

Pandangan hidup bagi suatu negara menjadi hal yang sangat penting dalam menjaga kelangsungan dan lestarinya bangsa. Hal ini disadari oleh pendiri bangsa seperti bisa kita buktikan pada pidato Mohammad Yamin pada sidang BPUPKI yang pertama. Di dalam sidang BPUPKI tersebut, Mohammad Yamin menyatakan bahwa :

“… rakyat Indonesia mesti mendapat dasar negara jang berasal dari peradaban kebangsaan Indonesia; orang timur pulang kebudajaan timur.

“… kita tidak berniat lalu akan meniru sesuatu susunan tata negara negeri luaran. Kita bangsa Indonesia masuk jang beradab dan kebudajaan kita beribu-ribu tahun umurnya.”

Soal Download disni :

Soal CAT TWK CPNS Thema Pancasila

Soal CAT TWK CPNS Thema Pancasila 2

Tinggalkan Balasan