Loading...
Umum

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PPKN

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar melalui model Scramble pada mata pelajaran PPKn Kelas VIIA di SMP N 1 Wates.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIA yang berjumlah 32 siswa. 14 peserta didik laki-laki dan 18 peserta didik perempuan. Objek penelitian ini adalah keaktifan belajar pada mata pelajaran PPKn melalui penerapan modelScramble. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Scramble dalam pembelajaran PPKn dapat meningkatkan keaktifan belajar. Untuk aspek keaktifan belajar pada siklus I, keaktifan belajar peserta didik sebanyak 19% atau sebanyak 10 siswa yang tergolong dalam kriteria aktif. Sebanyak 6% atau 2 orang siswa yang belum masuk dalam kriteria aktif dan perlu mendapat perhatian khusus agar bisa menyesuaikan temannya. Dan sisanya termasuk dalam kategori cukup aktif.. Pada tahap tindakan siklus II, persentase aspek keaktifan mengalami kenaikan menjadi menjadi 59% atau sebanyak 16 peserta didik yang sudah masuk dalam kategori aktif dan tidak ada lagi peserta didik yang termasuk kategori tidak aktif.

 

Kata kunci : keaktifan belajar, pembelajaran PPKn, Scramble

Full File Download Disini :

Tinggalkan Balasan