Loading...
Umum

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS (CRITICAL THINKING) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING MATA PELAJARAN PPKN DI SMA NEGERI 2 BANTUL YOGYAKARTA

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berfikir kritis pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  di SMA Negeri 2 Bantul setelah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning).

Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus dengan 3 kali pertemuan pada setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Bantul tahun pelajaran  2018/2019 yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan penilaian pelaksanaan (project based learning) berupa observasi, tes, dokumentasi dan studi pustaka. Analisis data penelitian dilakukan melalui analisis deskriptif kualitatif.


Hasil penelitian dengan penerapan model Project Based Learning dalam kegiatan pembelajaran terbukti dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik. Kemampuan berfikir kritis peserta didik pada penelitian ini diukur dengan menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi kemampuan berfikir kritis. Pada siklus I, 70,31% peserta didik melakukan aktivitas berfikir kritis dilihat dari hasil observasi dengan menggunakan lembar observasi berfikir kritis. Sedangkan pada siklus II, 91,80% peserta didik telah melakukan aktivitas berfikir kritis. Selain itu, adanya peningkatan kemampuan berfikir kritis peserta didik ditunjukkan pula dengan adanya peningkatan hasil tes evaluasi dari siklus I ke II. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 76,09 meningkat menjadi 84,22 pada siklus II. Jumlah peserta didik yang telah mencapai nilai ketuntasan minimal berjumlah 26 orang atau 81,25% pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 30 orang atau 93,75% pada siklus II. Sehingga penerapan model Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Bantul dalam pembelajaran dinilai berhasil.

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran, Project Based Learning, Berfikir Kritis

Full File Download Disini :

Tinggalkan Balasan